(0361) 249396
info@akpar-denpasar.ac.id
Jl.Tukad Balian No. 15 Niti Mandala Renon Denpasar

Profil Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata


Nama Prodi: D3 Usaha Perjalanan Wisata

Dosen Tetap Prodi (per 2 Mei 2021): 9 Orang

Daya Tampung: 360 Orang (9 kelas)

Kaprodi: I Wayan Wijayasa,SST.Par,M.Par

 

Profil Lulusan dan Kemampuan Lulusan Prodi D3 UPW Akpar Denpasar

Lulusan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata dapat bekerja sebagai:

No

Profil Lulusan

Kemampuan Lulusan

1

Pramuwisata Umum, Pramuwisata Khusus, dan Driving Tour Guide

Mampu memandu wisatawan FIT, Group, special tourist, dan incapable tourist pada wilayah kerja pramuwisata umum sesuai dengan kode etik pramuwisata

Mampu menangani transfer in, transfer out, halfday tour, fullday tour, tour package, dan charter

Mampu memberikan komentar dan interpretasi sebanyak mungkin mengenai destinasi wisata

Mampu menjadi pusat informasi selama wisatawan berada di destinasi

Mampu memberikan solusi, memecahkan masalah, dan menangani hambatan perjalanan

Mampu menjual optional tour

Mampu menangani keluhan wisatawan

Mampu mengakses informasi terbaru dari berbagai sumber dan aplikasi mutakhir

Pramuwisata khusus:

Mampu memandu wisatawan pada satu atraksi wisata, memberikan interpretasi mendalam, menjalankan prosedur keamanan dan keselamatan pada satu atraksi wisata

Driving Tour Guide:

Mampu memandu wisatawan sambil berkendara dengan aman

2

Tour Leader

Mampu memimpin rombongan wisatawan melakukan perjalanan domestik, overland, maupun internasional

Menguasai prosedur perjalanan dan document clearance

Mampu menangani keluhan wisatawan yang dipimpin

Mampu meyakinkan jasa yang diterima wisatawan sesuai dengan paket wisata yang dibeli dan dijanjikan oleh BPW

 

3

Product Development Supervisor

Mampu memanfaatkan informasi harga hotel, transport, restoran, dan vendor lainnya dan menyusunnya menjadi selling price produk tunggal ataupun paket wisata

Mampu membuat quotation untuk FIT maupun GIT

4

Tour and Travel Reservation Supervisor

Mampu menangani permintaan dan pemesanan jasa sesuai keinginan dan kebutuhan wisatawan

Mampu menawarkan harga yang menguntungkan sesuai paket wisata dan harga single product yang disusun oleh bagian product

Mampu mencatat pemesanan, meminta pembayaran, dan memfinalisasi reservasi

Mampu mencarikan, memilihkan, dan menawarkan vendor terbaik sesuai budget dan kelas yang diinginkan wisatawan

5

Tour Operation Supervisor

Mampu mengoperasionalkan reservasi yang telah bersifat final

Mampu menyediakan dan atau mengatur perputaran pramuwisata sesuai Bahasa yang diminta

Menyediakan transportasi yang sesuai

Memesan jasa vendor yang belum dipesan oleh bagian reservasi

Mengontrol dan mencatat aktivitas wisatawan harian ke dalam buku operation.

Mampu memecahkan masalah/hambatan yang terjadi pada saat perjalanan.

Mampu menyediakan dokumen operasional yang dibutuhkan, seperti voucher, guide instruction, dan transport order

Mampu menjalankan tugas sebagai Airport Handling serta penanganan bagasi group

5

Transport Operation Supervisor

Mampu menerima pemesanan transportasi

Mampu mengalokasikan kendaraan dan sopir

Mampu melakukan perhitungan biaya datransportasi penawaran n harga jual jasa transportasi

Mampu mengatur jadwal pemeliharaan kendaraan.

Mampu mencatat dan melaporkan pesanan, pembayaran, dan tagihan  

6

Ground Handling

Mampu menguasai pengetahuan  area Bandar Udara (airport) dan Mengetahui pengelolaan Ground Handling di bandar udara, baik keberangkatan maupun kedatangan

Mampu mengelola dokumen perjalanan yang diperlukan serta alur pelayanan di area keberangkatan dan area  kedatangan.

Memahami proses cek in sampai boarding.

Mengetahui proses arrival

Menangani kerusakan dan kehilangan bagasi

Mengetahui pelayanan khusus bagi penumpang dengan kebutuhan khusus.

7

Ticketing Supervisor

Mampu menerima permintaan dan pemesanan tiket domestic dan internasional

Mampu menghitung harga tiket dan menawarkan dengan harga jual yang menguntungkan

Mampu mengakses informasi dan aplikasi mutakhir untuk mendapatkan harga terbaik

Mampu menjalanankan aplikasi / program ticketing

Mengetahui seluk-beluk aturan penerbangan domestik dan internasional

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

PROGRAM STUDI PERJALANAN WISATA

PROGRAM DIPLOMA TIGA

 

Setiap lulusan Program Studi Perjalanan Wisata, Program Diploma Tiga, memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:

 

1.SIKAP:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia.

 

  1. PENGUASAAN PENGETAHUAN:
  2. Dalam menyusun rancangan dan mengelola UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan fundamental sebagai berikut:
  • konsep teoretis pariwisata secara umum;
  • konsep geografi pariwisata nasional dan internasional secara mendalam;
  • wawasan dan pengetahuan faktual tentang budaya lokal di Indonesia dan budaya bangsa lain yang menjadi pangsa pasarnya;
  • pengetahuan faktual mengenai:
    • aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestik dan internasional;
    • aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian;
    • aturan dan panduan menyangkut moda transportasi;
    • destinasi pariwisata dan aspek geografis;
    • sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses;
    • waktu dan musim;
    • informasi (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata;

5) wawasan dan pengetahuan faktual tentang teknologi informasi dan teknik aplikasinya pada usaha perjalanan;

  1. Dalam bidang penyusunan rancangan UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
  • menguasai secara umum konsep teoretis perilaku konsumen (consumer behaviour theoretical concept);
  • menguasai secara mendalam konsep hospitalitas, perjalanan wisata (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata, dokumen perjalanan) dan pelayanan prima;
  • menguasai konsep, prinsip, metode, dan teknik pembuatan produk perjalanan wisata, presentasi, promosi UPW;
  • menguasai konsep, prinsip, dan teknik negosiasi dengan pengelola sumber daya yang relevan dengan UPW;
  • menguasai secara mendalam konsep dan metode penetapan tarif;
  • menguasai konsep, prinsip, dan teknik penanganan dokumen pasasi baik domestik maupun internasional;
  • menguasai pengetahuan faktual tentang minimal masing-masing sepuluh penyedia jasa tur dalam dan luar negeri;
  • menguasai pegetahuan faktual tentang berbagai jenis sumber daya yang relevan dengan UPW;
  1. Dalam operasionalisasi UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
    • konsep pelayanan prima secara mendalam;
    • prinsip dan teknik bauran pemasaran dan promosi produk UPW;
    • konsep, prinsip, teknik, pengetahuan prosedural pemanduan wisata dan memimpin perjalanan wisata;
    • konsep, prinsip, dan teknik komunikasi persuasif baik lisan dan tulisan dengan pelanggan individu dan kelompok, menggunakan Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional atau minimal satu bahasa asing lainnya;
    • konsep, prinsip, dan teknik penanganan keluhan, konflik dan stres yang relevan dengan perjalanan wisata;
    • konsep, prinsip, dan teknik penanganan kedaan darurat yang relevan dalam perjalanan wisata, minimal prinsip-prinsip CPR;
    • konsep, prinsip, dan teknik membangun kerja sama tim lintas organisasi dan lintas budaya;
    • prinsip dan teknik menyusun anggaran dan laporan keuangan aktivitas perjalanan wisata;
    • prinsip-prinsip pengelolaan hubungan dengan klien (Customer Relationship Management).

 

3.KETERAMPILAN KHUSUS:

  1. mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang penting dalam perjalanan wisata meliputi:
  • aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestik dan internasional;
  • aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian;
  • aturan dan panduan menyangkut moda transportasi;
  • destinasi pariwisata dan aspek geografis;
  • sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses;
  • waktu dan musim;
  • informasi (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata;
  1. mampu membuat model paket wisata luar negeri berdasarkan analisis faktor-faktor pada butir a;
  2. mampu merancang dan merencanakan paket wisata domestikdan paket wisata siap jual berdasarkan analisis faktor-faktor pada butir a serta kebutuhan wisatawan sebagai pertimbangan utama, meliputi kemampuan:
  • mengidentifikasi dan menjalin kerja sama dengan penyedia jasa UPW (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata dan pelayanan lainnya);
  • mengidentifikasi dan menjalin kerja sama dengan penyedia jasa tur dalam dan luar negeri;
  • menghitung harga paket UPW, menetapkan saluran distribusi dan bentuk promosi;
  1. mampu memasarkan produk-produk UPW berbasis metode pemasaran (minimal korespondensi, presentasi, dan personal selling) dengan menggunakan komunikasi bisnis persuasif dalam:
    • Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
    • minimal satu bahasa internasional atau bahasa asing lainnya yang setara dengan kemampuan berbahasa tingkat menengah;
  2. mampu mempersiapkan dokumen pelaksanaan paket wisata luar negeri, paket wisata domestik, dan paket wisata siap jual meliputi kemampuan menentukan komponen yang dibutuhkan dalam perjalanan wisata (termasuk pemandu wisata), menyusun jadwal perjalanan wisata, menentukan dokumen perjalanan yang dibutuhkan dan menentukan metode pembayaran;
  3. mampu mengidentifikasi potensi resiko kegiatan perjalanan wisata dan merencanakan berbagai alternatif penanganan resiko yang relevan;
  4. mampu membuat dokumen perjanjian perjalanan wisata yang memenuhi standard kesepakatan antara perusahaan perjalanan wisata atau dirinya sendiri dengan pelanggan yang terdiri dari hak dan kewajiban;
  5. mampu mengoperasikan perjalanan paket wisata domestik dan paket wisata siap jual secara mandiri dan bekerja dalam tim dengan latar belakang sosial, budaya yang beragam secara efisien dan efektif, sesuai dengan dokumen perjanjian, meliputi kemampuan:
    • mencetak dokumen perjalanan wisata, daftar peserta, program perjalanan, lembar evaluasi tour;
    • mengelola, mencatat, dan melaporkan keuangan perjalanan wisata sesuai dengan SOP dan aturan yang disepakati antara pemberi dan pelanggan;
    • memberikan layanan prima pada pra, saat, maupun paska perjalanan wisata yang memenuhi indikator kepuasan pelanggan, minimal untuk domain kualitas produk, pelayanan prima, kenyamaan dan fleksibilitas program, keamanan, kesesuaian antara rencana dan pelaksanaan aktual, efisiensi harga, dan efektivitas waktu, mencakup:
  • ketersediaan dan kemudahan akses informasi tentang keamanan dan aturan keimigrasian internasional;
  • layanan prima dalam memberikan informasi dan konsultasi tentang keamanan dan aturan keimigrasian internasional;
  • berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dengan penanganan resiko perjalanan wisata yang tidak terduga;
  • menangani konflik dan keluhan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan dan mencari solusi yang terbaik bagi pihak-pihak yang terkait;
  • memberikan bantuan pertama dan CPR kepada klien dalam kondisi darurat sesuai dengan prinsip-prinsip CPR; dan
  • memberikan pemanduan wisata yang akurat, menarik dan informatif kepada peserta perjalanan wisata;
  1. mampu menjaga hubungan dengan klien, pemasok dengan prinsip-prinsip pengelolaan hubungan dengan klien (Customer Relationship Management).

 

  1. KETERAMPILAN UMUM:
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  4. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  5. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  6. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  7. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  8. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Mata Kuliah Yang Ditawarkan pada Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata

Klik pranala (link) untuk melihat Rencana Pembelajaran Semester [RPS] pada masing-masing matakuliah

Komputer Dasar

Pancasila

Pengantar Pariwisata

Bahasa Inggris Dasar

Pengantar Akamodasi dan Restoran

Etiket

Teori dan Praktek Memandu Wisata 1

Tarif Dokumen Pasasi 1

Tata Operasi Darat 1

Prosedur Tata Niaga Udara 1

Komputer Usaha Wisata

Koresponden Niaga Wisata 1

Dasar-dasar manajemen

Bahasa Inggris Profesi 1

Teori dan Praktek Memandu Wisata 2

Dasar-dasar Akuntansi

Tata operasi Darat 2

Geografi Pariwisata Indonesia

Prosedur Tata Niaga udara 2

Tarif dan Dokumen Pasasi 2

Pabean Imigrasi dan Karantina

Koresponden Niaga Wisata 2

Tarif Dokumen Pasasi III

Akuntansi Perjalanan Wisata

Bahasa Inggris Profesi 2

Pendidikan Agama

Psikologi Pelayanan

Geografi Pariwisata International

Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata 1

Pendidikan Kewarganegaraan

Tehnik Penulisan Laporan

Bahasa Indonesia

Sejarah dan Kebudayaan Indonesia

Bahasa Jepang 1

Manajemen Transportasi Wisata

Human dan Public Relation

Airline Marketing and Reservation

Bahasa Inggris Profesi Tambahan 1

Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata 2

Bahasa Jepang 2

Manajemen Personalia

Kewirausahaan

Manajemen Usaha Perjalanan Wisata

Pengetahuan Konvensi

Perencanaan Operasi Wisata 3

Statistik pariwisata

Bahasa Inggris Profesi Tambahan 2

Pemasaran Pariwisata

Bahasa Perancis

Teori dan Praktek Memandu Wisata 3

Laporan Akhir Studi

*Panduan Laporan Akhir Studi Akpar Denpasar, 2020 [Berlaku mulai Semester Genap 2020/2021]

Praktek Kerja Lapangan [On The Job Training]

*Panduan PKL Dimasa Pandemi Covid-19 [Berlaku hingga masa darurat Covid-19 Berakhir]