(0361) 249396
info@akpar-denpasar.ac.id
Jl.Tukad Balian No. 15 Niti Mandala Renon Denpasar

PENERIMAAN PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2023


PENDAFTARAN MAHASISWA BARU AKADEMI PARIWISATA (AKPAR) DENPASAR

TAHUN AKADEMIK 2023

Enrollment Guide 2023
 
 
Pendahuluan | Foreword
Akademi Pariwisata Denpasar merupakan salah satu perguruan tinggi vokasional yang telah terbukti mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Para Alumni telah tersebar di berbagai industri pariwisata dan lembaga pemerintahan. Tahun Akademik 2023/2024, Akademi Pariwisata Denpasar kembali menerima pendaftaran mahasiswa baru. Berikut adalah beberapa informasi penting untuk pendaftaran mahasiswa baru online.
Akademi Pariwisata Denpasar [Denpasar Tourism Academy] is one of vocational high education that has been proven to conduct education, research, and community services, as called Tri Darma Perguruan Tinggi. Our alumni spread in various tourism industry and government institution.  In the academic year 2023/2024, Akademi Pariwisata Denpasar open enrollment for the new intake. Below are some information as guideline of the enrollment process.
 

Program Studi dan Akreditasi

Program Study and Accreditation
 
D3 Usaha Perjalanan Wisata              |   Akreditasi B
Diploma 3 Tour and Travel Operation | Accredited B
 
D3 Perhotelan                       |   Akreditasi B
Diploma 3 Hotel Operation     |   Accredited B

Biaya kuliah angkatan 2023
Tuition Fee  20223
Program Studi
Semester 1
Semester Selanjutnya
(Per semester)
D3 Usaha Perjalanan Wisata
Rp. 14,235,000 + UAS Rp. 350,000
SPP        = SKS x Rp. 110,000.-
Praktek = Rp. 800,000.-
UAS       = Rp. 350,000.-
D3 Perhotelan
Rp. 15,065,000 + UAS Rp. 350,000
 
 
 
Biaya tiap semester bisa dicicil 3 kali.
Biaya semester I sudah termasuk pakaian seragam, SPP, Pengembangan Akademik, uang gedung, praktikum, PKKMB/Ordinakapsi, Asuransi, kartu mahasiswa, iuran/sumbangan, dan lain-lain, namun tidak termasuk Biaya Ujian Akhir Semester (Rp. 350,000.-/semester)
 
The payment of the tuition fee of each semester can be settled 3 times in each Semester.
Tuition fee already include uniform, tuition, academic development, internship, orientation program, Insurance, and other contribution. It does not include final exam cost (approx. IDR 350,000.-/semester)
 

Jadwal Pendaftaran dan Tes Online

Online Enrollment and Test Schedule

Pendaftaran dibagi menjadi 3 tahap | The enrollment will be in 3 intake:

  1. Gelombang 1: sekarang - 13 Mei 2023     |  Tes Seleksi 15 Mei 2023 09.00 wita - Selesai
  2. Gelombang 2: 16 Mei - 22 Juli 2023         |  Tes Online 24 Juli 2023 09.00 wita - Selesai
  3. Gelombang 3: 25 Juli - 19 Agustus 2023  |  Tes Online 21 Agustus 2023 09.00 wita - Selesai (dibuka jika masih ada kuota)

Tahap Pendaftaran

 
Registration
 
Pendaftaran Online:
Pendaftaran online bisa diselesaikan kurang dari 5 menit. Registration will take no longer than 5 minutes.
  1. Klik Link ini | Click this linkDisini
  2. Lengkapi blanko pendaftaran | Complete the registration form
  3. Setelah Anda mendapatkan Nomor Pendaftaran, silahkan melakukan pembayaran biaya administrasi pendaftaran sebesar IDR 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Batas waktu pembayaran biaya administrasi pendaftaran adalah hingga 14 hari setelah tanggal pendaftaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara: Bank Transfer/Mobile Banking/ATM/SMS Banking/Tokopedia/Indomaret.
 
Jika Anda membayar via bank transfer / ATM, Anda akan mendapatkan bukti transfer / slip. Silahkan kirim copy slip pembayaran tersebut via email / WA, kemudian simpan slip pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran. Berikut adalah nomor rekening BRI untuk membayar administrasi pendaftaran.
 
Nama : Akademi Pariwisata Pariwisata
Bank : BRI (Bank Rakyat Indonesia
Nomor Rekening Giro : 001701001430302
Alamat Bank / Cabang : Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali

Isi Catatan/Keterangan Pengiriman:
Pendaftaran Mahasiswa Baru 2023 dan Nomor Pendaftaran
Contoh: Pendaftaran Mahasiswa Baru 2023 dan Nomor XXX

 

 
Pendaftaran Offline:
Pendaftaran offline bisa datang langsung ke kampus Akpar Denpasar.
Saat membayar langsung di Akpar Denpasar, anda akan diberikan kuitansi (BUKTI PEMBAYARAN). 
 
Simpan bukti pembayaran dan bukti (nomor) pendaftaran untuk digunakan:
    • sebagai pelengkap administrasi pendaftaran kembali setelah dinyatakan lulus.

BEASISWA BIDIK MISI / KIP Kuliah

Jika Anda berminat mendapatkan beasiswa bidikmisi, maka Anda harus mendaftar juga di website Dikti. Jadi ada dua pendaftaran: mendaftar Online Akpar Denpasar dan Online KIP Kuliah. Syarat pendaftaran KIP Kuliah bisa dilihat di link Dikti. Untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi, perlu diperhatikan:
 
  1. Calon mahasiswa harus mendaftar di Dikti
  2. Calon mahasiswa harus mendaftar di Akpar Denpasar (boleh online / offline di kampus Akpar Denpasar)
  3. Calon mahasiswa lulus tes penerimaan mahasiswa baru
  4. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah disesuaikan dengan jatah dari pemerintah
  5. Jika calon mahasiswa yang mengajukan KIP Kuliah melebihi kuota / jatah dari pemerintah, maka Akademi Pariwisata Denpasar berhak menentukan nama penerima KIP Kuliah, sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
  6. Saat mendaftar di Dikti, INGAT UNTUK MEMILIH kampus Akademi Pariwisata (Akpar) Denpasar.

Tes Masuk Online
  • Bentuk Tes : Tulis
  • Tempat: Pilih sesuka Anda, yang penting ada koneksi internet
  • Persiapan: 
    • Laptop atau PC atau Smartphone yang terkoneksi dengan internet
    • Alamat email yang masih aktif (link tes akan dikirim ke alamat email tersebut). Disarankan alamat email di Gmail.
    • Pakaian: Tidak ditentukan
  • Materi Tes: Bahasa Inggris dan Pengetahuan Pariwisata Secara Umum
  • Pengumuman: Hasil tes online akan umumkan melalui website www.akpar-denpasar.ac.id pada siang hari setelah tes, paling cepat jam 17.00.
  • Hanya peserta yang telah membayar biaya pendaftaran yang akan diberikan link tes online.
PENDAFTARAN KEMBALI
 
Jika dinyatakan lulus, maka calon mahasiswa akan diberikan pemberitahuan resmi melalui pengumuman tertulis di website ini. Setelah itu, mahasiswa harus mendaftar kembali. Waktu dan tanggal bisa dilihat pada lembar pengumuman kelulusan. Syarat mendaftar kembali:
1. Bukti Pembayaran Pendaftaran (kwitansi atau slip transfer)
2. Bukti Pendaftaran (Nomor Pendaftaran)
3. Copy Ijazah 1 lembar (bisa menyusul jika belum ada)
4. Copy NUAN / NEM (bisa menyusul jika belum ada)
5. Surat Keterangan Lulus atau SKTL (bisa menyusul jika belum ada)
6. Passfoto 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 4 lembar
7. Membayar uang kuliah semester 1 (bisa penuh atau angsuran, nanti akan dicantumkan pada surat pengumuman kelulusan).
 
 
Jadwal Penting Lainnya | Other Inportant Schedule
1. Ordinakapsi      : Minggu ke-4 Agustus
    Orientation Program on the last week of August
2. Kuliah Perdana  : Minggu ke-2 September
    Study will start on the second week of September
 
Kontak Admin | Contact Admin
+62 821-4600-5900 / +62 851-5917-3110
 
atau | or
 
 
akpardenpasar@gmail.com | info@akpar-denpasar.ac.id
Instagram: akpardenpasar | Facebook: Akademi Pariwisata Denpasar 
 
Kampus Akademi Pariwisata Denpasar
Jalan Tukad Balian No 15 Renon, Denpasar, Bali 80361
 


Link pendaftaran mahasiswa baru dapat Anda peroleh juga di blog berikut: