Pembukaan PKKMB AKPAR Denpasar Tahun 2024

 Pembukaan PKKMB AKPAR Denpasar Tahun 2024 logo

AKPAR Denpasar

27 August 2024

 Pembukaan PKKMB AKPAR Denpasar Tahun 2024

Denpasar, 27/8/2024 - Ketua Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar, didampingi Direktur AKPAR Denpasar,  membuka PPKKMB AKPAR Denpasar tahun akademik 2024/2025 di Aula Timur Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) rutin dilakukan setiap tahun sebelum mahasiswa siap untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Ketua panitia PKKMB AKPAR Denpasar tahun akademik 2024/2025, I Wayan Sukita, S. Sos., M. Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun ini, peserta PKKMB berjumlah sebanyak 106 orang, terhitung 103 adalah mahasiswa baru 2024/2025, sedangkan 3 orang di antaranya adalah mahasiswa angkatan 2023/2024 yang tahun lalu tidak ikut melaksanakan kegiatan PKKMB, sehingga ketiga mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan PKKMB tahun ini. Lebih jauh, Sukita menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB wajib dilakukan oleh mahasiswa baru dengan tujuan memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Di samping itu, peserta PKKMB yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat kepesertaan, yang akan digunakan sebagai syarat yudisium. 

Direktur AKPAR Denpasar, Dr. I Gede Astawa, S. Pd., M. Hum., dalam sambutannya menekankan agar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), sebagai pendamping kegiatan PKKMB ini, tidak melakukan perpeloncoan dan kekerasan fisik, namun, lebih kepada kegiatan yang mampu menggali minat dan bakat, serta pembinaan sikap dasar profesi bagi mahasiswa baru. Ada banyak hal yang positif yang bisa dilakukan oleh BEM tanpa harus melakukan perpeloncoan dan kekerasan fisik. 

Ketua Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar, Drs. Putu Bagus Wisnuwardana, M. Si., dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa PKKMB harus dimaknai sebagai pengenalan sivitas akademika AKPAR Denpasar. Semua mahasiswa baru harus mengenali terlebih dahulu lingkungan kampusnya, berikut fasilitas kampus, regulasi, dan lainnya. Menurut Ketua Yayasan, Misi dari Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar adalah membantu pemerintah dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di bidang pariwisata, dengan biaya pendidikan yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan kampus-kampus pariwisata lainnya yang ada di Bali. Walaupun demikian, yayasan selalu berupaya meningkatkan kualitas SDM dan  fasilitas kampus untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, nyaman, dan menyenangkan. 

Kegiatan PKKMB tahun ini dilaksanakan dari tanggal 27 - 30 Agustus 2024, dan rencananya akan ditutup hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2024 di Daya Tarik Wisata Tanah Lot, yang akan dirangkaikan dengan kegiatan Bakti Sosial mahasiswa baru, dosen, dan tenaga kependidikan AKPAR Denpasar. 

(gast/27)