AKPAR Denpasar Melaksanakan Yudisium ke-35

AKPAR Denpasar Melaksanakan Yudisium ke-35 logo

AKPAR Denpasar

23 August 2024

AKPAR Denpasar Melaksanakan Yudisium ke-35

Denpasar, 23/8/2024 - Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar meyudisium lulusan sebanyak 101 orang dari Program Studi D-3 Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) yang bertempat di Aula Timur Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar.

Upacara Yudisium tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar, Kabag Dikti, Direktur AKPAR Denpasar beserta para wakil Direktur dan Kaprodi, serta dosen dan tenaga kependidikan AKPAR Denpasar. 

Pada acara Yudisium ke-35 ini, dari dua Prodi (Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata), tercatat 39 orang lulusan memeroleh predikat lulusan dengan Pujian (Cumlaude), 60 orang dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan, dan 2 orang dengan predikat Memuaskan. IPK tertinggi dari Prodi Perhotelan adalah 3,97, dan IPK tetinggi dari Prodi UPW adalah 3,89. Sedangkan, IPK terendah dari Prodi Perhotelan adalah 3,02, dan dari Prodi UPW adalah 2,98.  Lulusan Terbaik dari Prodi D-3 Perhotelan diraih oleh Ni Wayan Riris Iswahyuni, A. Md. Par., dengan IPK 3,97 dan Lulusan Terbaik dari Prodi D-3 Usaha Perjalanan Wisata diraih oleh Maria Klara Fofid, A. Md. Par., dengan IPK 3,89.

Salah satu wakil lulusan, Maria Klara Fofid, dalam penyampaian pesan dan kesannya menyatakan apresiasinya kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan AKPAR Denpasar atas layanan baik yang sudah diberikan selama menempuh pendidikan di AKPAR Denpasar. Selain itu, Klara juga menyampaikan harapannya agar AKPAR Denpasar terus meningkatkan pelayanan, fasilitas kampus, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, dan penunjang lainnya.

Sementara itu, Direktur AKPAR Denpasar, I Gede Astawa, dalam sambutannya menyampaikan kepada para lulusan agar jangan  terlalu memandang berlebihan terhadap status kelulusannya dengan predikat Cumlaude. Yang paling penting adalah mampu menyelaraskan antara hard skill dan soft skill dalam berkarir di dunia kerja. Orang yang cerdas atau pintar secara akademis tidak menjamin dapat mengembangkan karirnya dengan baik dalam dunia kerja, apabila soft skillnya dalam skala rendah. Hard skill dan soft skill menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan agar bisa meraih kesuksesan dalam bekerja. Dalam akhir sambutannya, Direktur mengharapkan agar lulusan tidak hanya terpaku sebagai pencari kerja semata, namun menciptakan lapangan kerja sendiri secara mandiri jauh lebih bagus. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Kertha Wisata Denpasar, Putu Bagus Wisnuwardhana, dalam sambutannya menyampaikan agar para lulusan tidak hanya tergiur dengan  bekerja ke luar negeri saja. Di dalam negeri pun peluang pekerjaan pada bidang pariwisata masih banyak, asalkan mampu menunjukkan etos kerja yang baik. Ketua Yayasan juga meminta kepada para lulusan untuk menyampaikan kritik dan sarannya yang konstruktif untuk kemajuan AKPAR Denpasar. 

(gast/23)