Tim LLdikti Wilayah VIII Melakukan Visitasi Pendampingan ke AKPAR Denpasar

Tim LLdikti Wilayah VIII Melakukan Visitasi Pendampingan ke AKPAR Denpasar logo

AKPAR Denpasar

14 August 2024

Tim LLdikti Wilayah VIII Melakukan Visitasi Pendampingan ke AKPAR Denpasar

Denpasar - Tim LLdikti Wilayah VIII melakukan pendampingan dalam rangka proses peningkatan mutu APT dan APS di Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar. Pendampingan tersebut dihadiri oleh Direktur AKPAR Denpasar, I Gede Astawa, beserta Pembantu Direktur, Kaprodi, dan para dosen. 

Tim pendampingan LLdikti  yang dipimpin oleh I Wayan Sudarma banyak memberikan masukan terhadap tridharma dosen yang menjadi tolok ukur dalam peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan Akreditasi Program Studi (APS). Di samping itu, Sudarma juga menghimbau agar dosen meningkatkan jabatan fungsionalnya secara berkala; jangan sampai ada dosen yang jabatan fungsionalnya bertahun-tahun masih tetap Asisten Ahli (AA). Idealnya, setiap 2 tahun dosen semestinya bisa meningkatkan jabatan fungsionalnya kalau tridharmanya dilakukan dengan baik. 

Dalam pendampingan tersebut, Sudarma juga mengajak segenap civitas akademika AKPAR Denpasar, agar mendukung upaya untuk meningkatkan akreditasi, baik perguruan tinggi, maupun program studinya melalui pelaksanaan tridharma yang berkualitas dan bekelanjutan. Dosen harus mampu melaksanakan publikasi di jurnal-jurnal yang terakreditasi atau bereputasi. Tidak kalah pentingnya, yayasan harus juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada dosen yang mampu melakukan publikasi di jurnal-jurnal yang terakreditasi atau bereputasi, karena publikasi bukan semata-mata untuk kepentingan dosen secara personal; namun, merupakan kepentingan lembaga (gast/8/24).